Manusia dan tanggung jawab yg menghasilkan kepercayaan dan profesionalisme


     Tanggung jawab bisa didefinisikan dengan kesadaran yg dimiliki oleh manusia akan tingkah laku atau perbuatannya. Tanggung jawab juga bisa dikatakan  sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban manusia itu sendiri.Manusia dan tanggung jawabnya adalah suatu sifat yg mencerminkan kepribadian seseorang, apakah dia dapat dipercaya atau sebaliknya. jika seseorang memiliki tanggung jawab maka orang itu pun dapat dipercaya dan mempunyai sifat yg baik dan terpuji.

Ada beberapa contoh macam macam tanggung jawab:

    *tanggung jawab terhadap diri sendiri: adalah kesadaran seseorang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian yang dampaknya bisa memecahkan masalah mereka sendiri, karena manusia adalah makhluk bermoral yg mempunyai pendapat sendiri,perasaan sendiri.
    *tanggung jawab terhadap keluarga: adalah  sifat yg mutlak harus dimiliki oleh setiap anggota keluarga karena tanggung jawab ini dapat menyangkut nama baik keluarga dan perihal yg lainnya.
    *tanggung jawab terhadap bangsa dan negara: adalah pikiran dan tindakan manusia yg terikat oleh norma norma dan aturan yg ada maka dari itu jika perbuatannya salah dan melanggar aturan manusia itu harus menanggung jawabkan perbuatannya kepada bangsa dan negaranya melalui jalur hukum yang telah disepakati oleh bersama.

kalau kita tidak mempunyai sifat tanggung jawab di diri kita maka seseorang itu tidak memiliki rasa kepercayaan dan profesionalisme dalam hidupnya dan itu sangat merugi bagi seseorang karena manusia adalah makhluk sosial sedangkan jika tidak memiliki sifat kepercayaan dan tanggung jawab serta menjunjung tinggi sifat profesionalisme maka seseorang itu tidak akan berhasil menjadi makhluk sosial.

1 komentar anda :

Posting Komentar

kritikan anda adalah alat ukur untuk saya