1. CAT (Computer Asisted Testing) :

2. CAG (Computer Asisted Guidance) :
· Pengarahan dengan bantuan computer untuk membantu user dalam pengambilan keputusan.
· Contoh : penggunaan Internet.

3. CMI (CMI) :
· Belajar dengan dikelola kompter.
· Contoh : perencanaan kuliah, belajar, ujian.
· Computer langsung memantau kegiatan dan prestasi mahasiswa.

Aplikasi Pengajaran Out :
1. CAI (Computer Asisted Instruction) :
Jenis : Latih & Praktek, Penjelasan, Simulasi, Permainan.

Rancangan Plato :
· Terdiri dari satu computer besar CDC dihubungkan keterminal jarak jauh.
· Jalur komunikasi : satelit, kawat khusus.
· Terminal.
· Melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda.

Kelebihan : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong siswa belajar lebih cepat.

Cirri khas TCICIT :
· Dirancang agar semua aplikasi perangkat lunak dapat diterapkan terpadu.
· Tidak dirancang untuk latih & praktek tapi lebih kebentuk penjelasan.
· Kemungkinan pemakai lebih berinisiatif dibandingkan CAI lainnya.

CAD : Computer Aided Design adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.
Berawal dari menggantikan fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terintegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing. Integrasi itu dimungkinkan karena perangkat lunak CAD saat ini kebanyakan merupakan aplikasi gambar 3 dimensi atau biasa disebut solid modelling. Solid model memungkinkan kita untuk memvisualisasikan komponen dan rakitan yang kita buat secara realistik. Selain itu model mempunyai properti seperti massa, volume, pusat gravitasi , luas permukaan dll.

CAM (Computer Aided Manufacturing) : adalah penggunaan perangkat lunak komputer untuk mengendalikan peralatan mesin dan mesin terkait dalam pembuatan benda kerja. Ini bukan definisi hanya untuk CAM, tetapi yang paling umum; CAM juga dapat merujuk kepada penggunaan komputer untuk membantu dalam seluruh operasi sebuah pabrik, termasuk perencanaan, manajemen transportasi dan penyimpanan. Tujuan utamanya adalah untuk membuat proses produksi lebih cepat dan komponen dan perkakas dengan dimensi yang lebih tepat dan konsistensi material, yang dalam beberapa kasus, hanya menggunakan jumlah yang diperlukan bahan baku (dengan demikian meminimalkan limbah), sementara secara bersamaan mengurangi konsumsi energi.
CAM merupakan proses dibantu komputer berikutnya setelah -dibantu desain komputer (CAD) dan kadang -dibantu teknik komputer (CAE), sebagai model yang dihasilkan dalam CAD dan diperiksa CAE dapat menjadi masukan ke dalam perangkat lunak CAM, yang kemudian mengontrol alat mesin.


Flowchart dalam CNC :

- Menggambar desain
- Proses desain
- Simulasi dengan CAD
- Instalasi CNC
- Copy data dari CNC
- Memproduksi produk
- Pengecekan kualitas produk
- Finishing
- Pendistribusian produk

Sensor yang ada dalam Walking Robot :
- Sensor condenser MIC : untuk mengaktifkan dan me non-aktifkan system robot.
- Sensor ultra sonic : untk mendeteksi ketinggian robot.
- Sensor phototransistor 1 :
- Sensor phototransistor 2 :


SAP :  adalah sebuah software ERP(Enterprise Resources Planning) yang merupakan IT Tools and Management untuk membaty perusahaan dalam menjalankan operasional bisnisnya.
SAP terdiri dari beberapa modul aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk menangani semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dan aplikasi bekerja berkaitan antara satu dengan lainnya. Semua modul aplikasi tersebut bekerja terintegrasi/terhubung. Dan semua modul apliasi tersebut bekerja terhubung oleh intranet.
SAP’s History
SAP dimiliki oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Jerman yang merupakan sebuah perusahaan terbesar di Eropa. SAP didirikan oleh 5 orang mantan karyawan IBM pada tahun 1972 di mannheim, Jerman dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung.
Saat ini SAP Company mempunyai kantor pusat di Walldorf, Jerman dan telah memperkerjakan lebih dari 53.000 orang di lokasi penjualan dan pengembangan di lebih dari 50 negara seluruh dunia. Dan SAP Software dipakai lebih dari 12 juta user, dan 121.00 instalasi yang telah terinstall di 41.200 perusahaan dan lembaga pemerintahan di 120 negara.

SAP Modul :

- SD :  Sales & distribution – Membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping, billing).
- MM : Material Management - Membantu menjalankan proses pembelian(procurement) dan pengelolaan inventory.
- PP : Production Planning - Membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi(manufacturing) suatu perusahaan.
- FA : Financial Accounting - Mencakup standar Accounting Cash Management(treasury), General Ledger, Account Payable, Account Receiveable, dan konsolidasi untuk tujuan Financial Accounting.
- CO : Cotrolling - Mencakup Cost Accounting, mulai dari Cost Center Accounting, Cost Element Accounting, dan Analisa Profitabilitas.
Implementasi SAP :

1.    The Speed
Meningkatkan Customer Service.
Meningkatkan response terhadap perubahan pasar.
2.    The Consistency        
Memastikan bahwa SAP dijalankan dengan baik.
Meningkatkan fungsi monitoring dan kontrol di masing-masing bagian.
Mengurangi human errors.
3.    The Quality
Meningkatkan kualitas dari informasi.
Meningkatkan Fungsi analisa dari terhadap suatu situasi.
Keuntungan :
·         Level integrasi yang sangat tinggi.
·         Merupakan Table Drive Costumization Software.
·         Perubahan persyaratan bisnis dapat dilakukan dengan cepat.
·         Penambahan program sumber menggunakan user-exits.
·         Perangkat seperti variasi layar untuk melakukan pengesetan terhadap atribut field apakah ingin disembunyikan, ditampilkan, atau dijadikan sebagai sebagai field utama.
Lingkungan SAP :
·         Sistem Pengembangan – adalah lingkungan dimana sebagian besar implementasi berada pada lingkungan ini.
·         Sistem Penjaminan Kualitas – adalah lingkungan dimana semua pengetesan berakhir pada lingkungan ini sebelum dijalankan pada lingkungan produksi.
·         Sistem Produksi – adalah lingkungan dimana terlaksananya semua aktivitas bisnis sehari-hari. Lingkungan ini juga merupakan client untuk semua end users menjalankan fungsi kesehariannya.

Data di SAP :
·         Data transaksi
Data yang digunakan untuk melakukan transaksi di SAP. Contoh: membuat Purchase Order.
Setiap transaksi akan tersimpan di dalam suatu dokumen tertentu.
·         Master Data
Data utama harus dibuat dengan benar supaya transaksi bisa dilakukan. Contoh: Material Master, Vendor Master, Customer Master.
Master data tersimpan secara terpusat dan digunakan oleh seluruh modul aplikasi dalam sistem SAP.

0 komentar anda :

Posting Komentar

kritikan anda adalah alat ukur untuk saya


WINDOWS XP

A.   Pengertian Windows XP
            Windows XP adalah  sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center) . Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur W indows NT.
B.   Komponen Penting dalam Windows XP
Komponen Windows XP adalah sebagai berikut :
a. Interface
Interface adalah komponen windows xp yang berfungsi untuk menunjukan tampilan desktop pada  Windows Xp yang sudah merupakan visual yang dinamis jika dibandingkan dengan versi windows dibelakangnya seperti Windows98 kebawah.
     b. Taskbar dan Star Menu Properties
Taskbar pada Windows Xp digunakan sebagai pengatur segala macam komponen yang terdapat pada taskbar tersebut. Seperti menampilkan jam, menyembunyikan ikon yang tidak aktif, mengunci taskbar supaya tidak bisa di pindahkan baik ke atas ataupun ke samping, menyembunyikan taskbar (autohide), menampilkan taskbar diatas supaya jika aplikasi berjalan taskbar masih berada diposisi paling atas, mengelompokkan atau grup aplikasi yang sama, misalnya kita membuka 5 file dokumen word maka akan diperlihatkan satu dokumen word dan ketika mau melihat semuanya tinggal di klik di file yang terlihat tadi lalu bisa dipilih dari kelima tersebut mana yang mau diaktifkan, menampilkan quick launch. Pada Star Menunya kita dapat merubah tampilan Star Menu baik ke dalam bentuk klasik maupun bentuk modern (default)
c. Control Panel
Contol panel pada windows Xp digunakan untuk mengatur berbagai macam settingan  yang ada pada control panel yakni sebagai berikut :
· Accessibility Options
Digunakan untuk mengatur Windows Xp supaya dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan fisik yang terbatas.
· Add Hardware
Digunakan untuk menginstall hardware baru, misalkan vga card, modem, sound card.
· Add or Remove Programs
Yaitu tempat menampilkan list aplikasi yang sudah terinstal di Windows Xp, jika kita akan menghapus salah satunya maka tinggal mengklik Remove dan jika akan mengupdate aplikasi (merubah setingan instalasi komponen apa saja yang akan diinstal) maka tinggal mengklik Change
· Administrative Tools
Digunakan utnuk para teknisi untuk mengubah dalam hal pemrograman dalam Windows. Misalnya untuk melihat service, ODBC, computer management, dan lain-lain
· Automatic Updates
Digunakan pula untuk menentukan waktu untuk mengupdate Windows.
· Date and Time
Mengatur waktu, hari tanggal tahun dan jona tempat kita berada di suatu Negara atau wilayah.
· Display
Digunakan untuk merubah tampilan Windows Xp, misalkan mengganti tema, mengganti background, memasang screen saver, mengganti resolusi monitor.
· Folder Options
Menampilkan opsi folder pada window explorer, bisa tampilan folder, di sembunyikan-ditampilkan, dan masih banyak lagi fitur lainnya.
· Fonts
Melihat daftar font atau huruf yang terinstal di Windows, anda bisa pula menambah atau menguranginya.
· Game Controllers
Untuk melihat apakah Gamepad atau Joystik kita sudah terpasang dengan sempurna dan bisa juga digunkan untuk memasukan atau menginstall Game Control baru serta bisa di setting sesuai keinginan.
· Internet Options
Untuk pengaturan browsing internet, misalkan security, homepage, privacy, content, connection dan lain-lain.
· Keyboard
Digunakan untuk menyeting berbagai macam yang berhubungan dengan keyboard seperti cursor blink rate, dan bisa juga untuk melihat jenis dan pabrikan keyboard yang kita gunakan.
· Mouse
Digunakan untuk mengatur kecepatan double klik, merubah tema pointer, efek pointer dan untuk melihat jenis dan merk mouse yng kita gunakan.
· Network Connections
Untuk melihat list akses point atau dial up, lan yang sudah di setting.
· Network Setup Wizard
Pengaturan langkah demi langkah untuk membuat network, bisa LAN ataupun yang terhubung ke Internet.
· Phone and Modem Options
Digunakan untuk membuat akses poin dengan menggunakan modem ataupun modem telepon.
· Portable Media Device
Melihat list hardware yang terintagrasi langsung dengan Media hiburan misalkan dengan Windows Media Player.
· Power Options
Pengaturan dalam mengefisiensikan listrik, misalnya pengaturan turn off monitor, mematikan komputer, stanby dan lain-lain.
· Printers and Faxes
Digunakan untuk melihat printer yang sudah terpasang di Windows kita, bisa pula digunakan untuk menginstall printer atau faximil baru.
· Regional and Language Options
Untuk mengatur dimana kita berada, mengatur standard dan format yang digunakan sesuai dengan Negara kita, bahasa yang digunakan.
· Scanner and Camera
Untuk melihat scanner atau kamera yang telah terinstall dan bisa juga digunakan untuk memasukan scanner atau kamera baru.
· Scheduled Tasks
Untuk mengatur penjadwalan. Bisa untuk maintenance Windows, penjadwalan update dan lain-lain yang berhubungan dengan skejul.
· Security Center
Mengatur keamanan dalam berinternet, firewall dan automatic updates.
· Sounds and Audio Device
Digunakan untuk menyeting volume, tipe speaker, sound scheme, audio, recording, dan lain-lain.
· Speech
Digunakan untuk Speech atau berbicara. Jadi seolah-olah Windows bisa membaca teks (berbicara).
· System
Untuk melihat informasi mengenai system yang terinstal. Misalkan versi Windows berapa, Processornya apa, jumlah RAM, mellihat semua hardware, update, system restore dan masih banyak lagi.
· Taskbar and Star Menu
Untuk mengatur visualisasi taskbar, mulai dari tampilan ketika kita mengklik star, sampai auto hide taskbar, menampilkan quick launch, hide icon, tampilan star menu versi classic atau modern, dan masih banyak lagi pengaturan didalamnya.
· User Accounts
Digunkan untuk mengatur akun kita, baik pembuatan akun baru, menghapus akun, mengaktifkan Guest akun ataupun mengedit akun lainnya.
· Windows Firewall
Untuk pengaturan keamanan juga, misalakan bisa memblokir dan memanage komunikasi antar komputer baik network LAN maupun Internet, memblokir aplikasi yang bisa dianggap berbahaya, dan lain-lain.
· Wireless Network Setup Wizard
Mengatur pengaturan network nirkabel, bisa bluetoot, WiFi, dan lain-lain.

d. Command Prompt
Command prompt merupakan aplikasi bawaan dari Windows Xp yang mana hampir sama penggunaannya dengan MS-DOS.
Perintah-perintah yang terdapat pada command prompt banyak sekali sebagai contoh : MD, CD, RD, DIR, TREE. Itu merupakan perintah-perintah dasarnya saja.
· MD (Make Directory), yaitu perintah yang digunakan ketika kita akan membuat sebuah directory atau bisa dibilang folder.
· CD (Change Direktory), yaitu untuk masuk kedalam folder ataupun keluar dari folder tersebut.
· RD (Remove Directory), yaitu berfungsi untuk menghapus folder syaratnya kita harus berada di folder parent dari folder yang mau dihapus.
· DIR, digunakan untuk melihat properties yang di punyai folder bisa berupa daftar file yang ada di folder tersebut, ukuran file, alamat file, jumlah file dan lain-lain.
· TREE, digunakan untuk melihat pohon atau letak dari folder-folder ataupun subfoldernya.

0 komentar anda :

Posting Komentar

kritikan anda adalah alat ukur untuk saya

Manusia dan Kebudayaan

          Manusia adalah makhluk yang diciptakan memiliki berbagai budaya. Disetiap tempat pasti memiliki budaya khasnya. Hal ini di pengaruhi oleh perkembangan zaman dan tradisi turun temrun dari keluarga yang terdahulu. 
         Sungguh beruntung kita di ciptakan sebagai manusia yang memiliki akal dan akhlak yang sangat berpengaruh pada tingkah laku dalam keseharian kita. Dengan adanya akal, kita bisa membuat suatu wadah budaya, social budaya, dan ilmu budaya. 

       Dalam diri manusia itu tersusun beberapa unsur yang saling terkait dalam  menompang semua kehidupan diantaranya yaitu:
Jasad,                 : badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba dan   difoto,  dan      menempati ruang dan waktu
Hayat,                 : menggandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak 
Ruh,                    : bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan      memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan
Nafs,                   : dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri

Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur, yaitu :

     -Id, yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak. Id merupakan libido murni, atau energi psikis yang menunjukan cirialami yang irrasioal dan terkait dengan sex, yang secara instingual menentukan proses proses ketidaksadaran (uncocncius).
     -Ego merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id.
     -Superego, merupakan kesatuan standart standart moral yang diterima olehego.

      -Hakekat manusia
a. Sebagai makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh, jiwa sebagai kesatuan yang utuh
b. Sebagai makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan makhluk yang lain

1.  Perasaan intelektual,
2.  Perasaan estetis,
3.  Perasaan etis,
4.  Perasaan diri,
5.  Perasaan sosial,
6.  Perasaan religius.
c. Sebagai makhluk biokultural yaitu makhluk hayati yang budaya
d. Sebagai makhluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan

Pengertian Kebudayaan

Kebuadayaan jika dikaji dari bahasa sansekerta berasal dari kata budaya yang berarti budi atau akal. Dengan demiikian budaya mencakup segala aspek kehidupan manusia,baik yang material, seperti  peralatan kerja dan teknologi, ataupun yang non materil,seperti nilai kehidupan dan seni seni tertentu.
E.B.Tylor (1871) mendefinisikan bahwa kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan sebagai anggota masyarakat.
Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Sutan Takdir Alisyahbana mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir.

Unsur-unsur kebudyaan
Menurut C.kluckhohnv di dalam bukunya berjudul Universal Categories of Culture mngemukakan bahwa ada tujuh unsur kebudayaan universal,
Yaitu :
1. Sistem religi
2.Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Sistem pengetahuan
4.Sistem mata pencaharian hidup
5. Sistem teknologi dan peralatan
6. Bahasa
7.Kesenian

KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.
Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain, proses dialektis tercipta melalui tiga tahap, yaitu :
1.   Eksternalisasi, yaitu proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya.
2.   Obyektivasi, yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif.
3.   Internalisasi, yaitu proses dimana masyarakat disegrap kembali oleh manusia.
Manusia dan kebudayaan, atau manusia dan masyarakat, oleh karena itu mempunyai hubungan keterkaitan yang erat atu sama lain. Pada kondisi sekarang ini kita tidak dapat lagi membedakan mana yang lebih awal muncul manusia atau kebudayaan.

“Lunturnya Nilai-Nilai & Kebudayaan Indonesia”


Dalam usia Indonesia yang sudah bisa dikatakan dewasa ini, banyak sekali pengaruh-pengaruh dari luar yang telah mengubah pola hidup di Indonesia. Mulai dari bidang Ekonomi, Sosial, Politik, bahkan dalam bidang Sosial Budayanya. Keterbukaan arus globalisasi tanpa batas ini menyebabkan berbagai budaya asli Indonesia pun mesti terkena seleksi alam. Banyak anggapan para anak muda, kalau budaya Indonesia itu sudah tidak zamannya lagi, bisa dikatakan Kuno. Oleh karena itu mesti adanya suatu gerakan kesadaran pada setiap warga Negara Indonesia untuk turut sadar dan berperan aktif dalam mewariskan dan memelihara budaya asli tanah air tercinta ini.
Menurut penulis sendiri penyebab utama lunturnya nilai-nilai budaya Indonesia adalah
·         Perilaku yang tidak baik serta kurangnya komitmen dan tanggungjawab dari para pemimpin bangsa dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila telah menjalar pada lunturnya nilai-nilai budaya di masyarakat dan telah mendorong munculnya kekuatan baru yang tidak melihat nilai kebudayaan sebagai falsafah dan pegangan hidup bangsa Indonesia. Akibatnya, terjadilah kekacauan dalam tatanan kehidupan berbangsa, di mana kelompok tertentu menganggap nilai-nilainya yang paling baik.
·         Kurangnya perhatian orang tua terhadap pemahaman kebudayaan kepada anak yang berimbas kepada perilaku keseharian anak tersebut.
·         Adanya arus globalisasi yang membuka keterbukaan tanpa batas.
·         System pendidikan kebudayaan di sekolah formal yang kurang mendisiplinkan pelajaran kebudayaan.
·         Kurangnya lembaga-lembaga yang peduli terhadap perkembangan budaya asli Indonesia
·         Kekerasan



Psiko Sosiogram Manusia

 
Penjelasan:
• Nomor 7 dan nomor 6 disebut daerah tak sadar dan sub sadar. Kedua lingkaran itu berada di daerah pedalaman dari alam jiwa individu dan terdiri dari bahan pikiran dan gagasan yang telah terdesak ke dalam, sehingga tidak disadari lagi oleh individu yang bersangkutan. Contohnya : impian atau cita-cita yang diinginkan

• Nomor 5 disebut kesadaran yang tak dinyatakan (unexpressed conscious). Lingkaran itu terdiri dari pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan yang disadari oleh si individu yang bersangkutan, tetapi siapapun juga dalam lingkarannya. Hal itu disebabkan ada kemungkinan,bahwa:
o          Ia takut salah dan takut dimarahi orang apabila ia menyatakannya, atau karena ia punya maksud jahat.
o          Ia sungkan menyatakannya, atau karena belum yakin bahwa ia akan mendapat respons dan pengertian yang baik dari sesamanya, atau takut bahwa walaupun siberi respons, respons itu sebenarnya tak diberikan dengan hati yang ikhlas atau juga karena ia takut ditolak mentah-mentah.
o          Ia malu karena takut ditertawakan, atau karena ada perasaan bersalah yang mendalam.
o          Ia tidak bisa menemukan kata-kata atau perumusan yang cocok untuk menyatakan gagasan yang bersangkutan tadi kepada sesamanya.
• Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan (expressed conscious). Lingkaran ini di dalam alam jiwa manusia mengandung pikiran-pikiran, gagasan-gagasan, dan perasaan-perasaan yang dapat dinyatakan secara terbuka oleh si individu kepada sesamanya, yang dengan mudah diterima dan dijawab oleh sesamanya.

• Nomor 3 disebut limgkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang, binatang-binatang, atau benda-benda yang oleh si individu diajak bergaul secara mesra dan karib, yang bisa dipakai sebagai tempat berlindung dan tempat mencurahkan isi hati apabila ia sedang terkena tekananbatin atau dikejar-kejar oleh kesedihan dan oleh masalah-masalah hidup yang menyulitkan.

• Nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna, tidak lagi ditandai oleh sikap sayang dan mesra, melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan dari orang, binatang atau benda-benda itu bagi dirinya.

• Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jarak jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dalam alam jiwa manusia tentang manusia, benda-benda, alat-alat, pengetahuan dan adat yang ada dalam kebudayaan dan masyarakat sendiri, tetapi yang jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari. Contohnya : ketika seorang pedagang melihat berita tentang DPR akan mengadakan rapat.

• Nomor 0 disebut lingkaran dunia luar, terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan yang hampir sama dengan lingkaran nomor 1, hanya bedanya terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan tentang orang dan hal yang terletak di luar masyarakat dan negara Indonesia, dan ditanggapi oleh individu bersangkutan dengan sikap masa bodoh. Contohnya : anggapan pelajar indonesia yang tak pernah ke luar negeri tentang jepang

0 komentar anda :

Posting Komentar

kritikan anda adalah alat ukur untuk saya