1. CAT (Computer Asisted Testing) :

2. CAG (Computer Asisted Guidance) :
· Pengarahan dengan bantuan computer untuk membantu user dalam pengambilan keputusan.
· Contoh : penggunaan Internet.

3. CMI (CMI) :
· Belajar dengan dikelola kompter.
· Contoh : perencanaan kuliah, belajar, ujian.
· Computer langsung memantau kegiatan dan prestasi mahasiswa.

Aplikasi Pengajaran Out :
1. CAI (Computer Asisted Instruction) :
Jenis : Latih & Praktek, Penjelasan, Simulasi, Permainan.

Rancangan Plato :
· Terdiri dari satu computer besar CDC dihubungkan keterminal jarak jauh.
· Jalur komunikasi : satelit, kawat khusus.
· Terminal.
· Melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda.

Kelebihan : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong siswa belajar lebih cepat.

Cirri khas TCICIT :
· Dirancang agar semua aplikasi perangkat lunak dapat diterapkan terpadu.
· Tidak dirancang untuk latih & praktek tapi lebih kebentuk penjelasan.
· Kemungkinan pemakai lebih berinisiatif dibandingkan CAI lainnya.

CAD : Computer Aided Design adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.
Berawal dari menggantikan fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terintegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing. Integrasi itu dimungkinkan karena perangkat lunak CAD saat ini kebanyakan merupakan aplikasi gambar 3 dimensi atau biasa disebut solid modelling. Solid model memungkinkan kita untuk memvisualisasikan komponen dan rakitan yang kita buat secara realistik. Selain itu model mempunyai properti seperti massa, volume, pusat gravitasi , luas permukaan dll.

CAM (Computer Aided Manufacturing) : adalah penggunaan perangkat lunak komputer untuk mengendalikan peralatan mesin dan mesin terkait dalam pembuatan benda kerja. Ini bukan definisi hanya untuk CAM, tetapi yang paling umum; CAM juga dapat merujuk kepada penggunaan komputer untuk membantu dalam seluruh operasi sebuah pabrik, termasuk perencanaan, manajemen transportasi dan penyimpanan. Tujuan utamanya adalah untuk membuat proses produksi lebih cepat dan komponen dan perkakas dengan dimensi yang lebih tepat dan konsistensi material, yang dalam beberapa kasus, hanya menggunakan jumlah yang diperlukan bahan baku (dengan demikian meminimalkan limbah), sementara secara bersamaan mengurangi konsumsi energi.
CAM merupakan proses dibantu komputer berikutnya setelah -dibantu desain komputer (CAD) dan kadang -dibantu teknik komputer (CAE), sebagai model yang dihasilkan dalam CAD dan diperiksa CAE dapat menjadi masukan ke dalam perangkat lunak CAM, yang kemudian mengontrol alat mesin.


Flowchart dalam CNC :

- Menggambar desain
- Proses desain
- Simulasi dengan CAD
- Instalasi CNC
- Copy data dari CNC
- Memproduksi produk
- Pengecekan kualitas produk
- Finishing
- Pendistribusian produk

Sensor yang ada dalam Walking Robot :
- Sensor condenser MIC : untuk mengaktifkan dan me non-aktifkan system robot.
- Sensor ultra sonic : untk mendeteksi ketinggian robot.
- Sensor phototransistor 1 :
- Sensor phototransistor 2 :


SAP :  adalah sebuah software ERP(Enterprise Resources Planning) yang merupakan IT Tools and Management untuk membaty perusahaan dalam menjalankan operasional bisnisnya.
SAP terdiri dari beberapa modul aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk menangani semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dan aplikasi bekerja berkaitan antara satu dengan lainnya. Semua modul aplikasi tersebut bekerja terintegrasi/terhubung. Dan semua modul apliasi tersebut bekerja terhubung oleh intranet.
SAP’s History
SAP dimiliki oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Jerman yang merupakan sebuah perusahaan terbesar di Eropa. SAP didirikan oleh 5 orang mantan karyawan IBM pada tahun 1972 di mannheim, Jerman dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung.
Saat ini SAP Company mempunyai kantor pusat di Walldorf, Jerman dan telah memperkerjakan lebih dari 53.000 orang di lokasi penjualan dan pengembangan di lebih dari 50 negara seluruh dunia. Dan SAP Software dipakai lebih dari 12 juta user, dan 121.00 instalasi yang telah terinstall di 41.200 perusahaan dan lembaga pemerintahan di 120 negara.

SAP Modul :

- SD :  Sales & distribution – Membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping, billing).
- MM : Material Management - Membantu menjalankan proses pembelian(procurement) dan pengelolaan inventory.
- PP : Production Planning - Membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi(manufacturing) suatu perusahaan.
- FA : Financial Accounting - Mencakup standar Accounting Cash Management(treasury), General Ledger, Account Payable, Account Receiveable, dan konsolidasi untuk tujuan Financial Accounting.
- CO : Cotrolling - Mencakup Cost Accounting, mulai dari Cost Center Accounting, Cost Element Accounting, dan Analisa Profitabilitas.
Implementasi SAP :

1.    The Speed
Meningkatkan Customer Service.
Meningkatkan response terhadap perubahan pasar.
2.    The Consistency        
Memastikan bahwa SAP dijalankan dengan baik.
Meningkatkan fungsi monitoring dan kontrol di masing-masing bagian.
Mengurangi human errors.
3.    The Quality
Meningkatkan kualitas dari informasi.
Meningkatkan Fungsi analisa dari terhadap suatu situasi.
Keuntungan :
·         Level integrasi yang sangat tinggi.
·         Merupakan Table Drive Costumization Software.
·         Perubahan persyaratan bisnis dapat dilakukan dengan cepat.
·         Penambahan program sumber menggunakan user-exits.
·         Perangkat seperti variasi layar untuk melakukan pengesetan terhadap atribut field apakah ingin disembunyikan, ditampilkan, atau dijadikan sebagai sebagai field utama.
Lingkungan SAP :
·         Sistem Pengembangan – adalah lingkungan dimana sebagian besar implementasi berada pada lingkungan ini.
·         Sistem Penjaminan Kualitas – adalah lingkungan dimana semua pengetesan berakhir pada lingkungan ini sebelum dijalankan pada lingkungan produksi.
·         Sistem Produksi – adalah lingkungan dimana terlaksananya semua aktivitas bisnis sehari-hari. Lingkungan ini juga merupakan client untuk semua end users menjalankan fungsi kesehariannya.

Data di SAP :
·         Data transaksi
Data yang digunakan untuk melakukan transaksi di SAP. Contoh: membuat Purchase Order.
Setiap transaksi akan tersimpan di dalam suatu dokumen tertentu.
·         Master Data
Data utama harus dibuat dengan benar supaya transaksi bisa dilakukan. Contoh: Material Master, Vendor Master, Customer Master.
Master data tersimpan secara terpusat dan digunakan oleh seluruh modul aplikasi dalam sistem SAP.

0 komentar anda :

Posting Komentar

kritikan anda adalah alat ukur untuk saya